Friday, November 10, 2017

 

Memberi Warna Range dengan Syarat atau Kriteria Tertentu - Microsoft Excel

Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu

Conditional Formatting - Pemformatan Bersyarat adalah salah satu fitur di microsoft excel yang berfungsi memberikan warna dan simbol-simbol tertentu berdasarkan nilai dan fungsi tertentu. Conditional Formatting sangat berguna untuk mengolah table kita jadi mudah di analisa dan di baca.

Sebagai Contoh disini saya akan Memberi Warna Range dengan Syarat atau Kriteria Tertentu, simak table berikut ini.

Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-01Saya mempunyai sebuah table hasil nilai ujian siswa-siswi SMK Sepeda Motor, disini saya kesulitan membedakan pelajar mana yang LULUS atau GAGAL  dari table di atas. Saya akan menggunakan Conditional Formatting pada table di atas agar mempermudah dalam membaca tablenya.

Disini saya menggunakan Microsoft versi Bahasa Indonesi - (Cara Ubah Bahasa Microsoft Excel )

  1. Pergi ke Rumah → Pemformatan Bersyarat → Aturan Sorot Sel lalu pilih Sama dengan, perhatikan gambar.Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-02
  2. Sekarang isi kriteria yang di inginkan pada bagian Format sel yang SAMA DENGAN, disini saya memilih keterangan atau kriteria GAGAL. Perhatikan keterangan GAGAL di table sudah berubah dengan warna merah muda.Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-03
  3. Untuk mengatur format warnanya, tinggal kita pilih di bagian samping keterangan GAGAL yang kita isi tadi. Seperti gambar di bawah ini.Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-04
  4. Atur Format yang kita inginkan, saya menggunakan warna merah untuk keterangan GAGAL.Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-05
  5. Maka hasil nya akan tampak seberti di gambar iniMemberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-07

Dan untuk keterangan LULUSnya, kita gunakan cara yang sama seperti di atas.

Memberi Warna dengan Syarat atau Kriteria Tertentu-06

Demikian cara Memberi Warna Range dengan Syarat atau Kriteria Tertentu - Microsoft Excel


Share:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment