Thursday, November 30, 2017

 

Menjadikan Al-Quran dan As-Sunnah Sebagai Pegangan dan Pedoman hidup


Setiap manusia mutlak harus memiliki pegangan dan pedoman dalam menempuh hidup dan mengelola kehidupan. Tanpa pegangan dan pedoman hidup niscaya dia akan tersesat dan tidak akan sampai pada tujuan hidupnya. Tanpa pegangan dan pedoman hidup dia akan terombang-ambing layaknya bulu yang diterbangkan angin sehingga dia tidak akan meraih kemajuan dalam hidup.
Apalagi seorang muslim yang memiliki tujuan hidup yang sudah jelas,yakni meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat dalam naungan ridho Allah subhanahu wa ta'ala Iya tentu harus memiliki pegangan dan pedoman hidup.
Bahkan pegangan dan Pedoman Hidup bukan hanya harus dimiliki oleh seorang muslim secara pribadi,tetapi juga oleh kaum muslim secara umum dalam kehidupan bermasyarakat.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala telah menentukan dan mewajibkan kaum muslim untuk menjadikan Alquran dan as-sunnah sebagai pedoman dan pegangan hidup mereka siapapun yang berpegang tegyh pada al-qur'an dan as-sunnah tidak akan tersesat.

Ibnu Abbas RA. Menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam saat berkotbah pada Haji Wada' antara lain bersabda.

" wahai manusia sungguh telah aku tinggalkan di tengah-tengah kalian suatu perkara yang jika kalian pegang Teguh niscaya kalian tidak akan tersesat selamanya"

Menjadikan Alquran dan as-sunnah sebagai pedoman dan pegangan hidup meniscayakan antara lain :
Pertama, menjadikan Alquran dan as-sunnah sebagai rujukan
Kedua,  menjadikan Alquran dan as-sunnah sebagai standar.
Ketiga memberlakukan semua hukum yang terkandung di dalam al-quran dan as-sunnah
Share:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment